Facebook

22/12/2013 21:14

 


Facebook Hashtag, Apa dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

  •   
  •  Monday, 16 December 2013 17:07
  •  Published in Tips And Apps 
  •  Read 2995times
 
 
 
Jika dahulu fitur Hashtag begitu popular di kalangan pengguna Twitter, kini fitur serupa juga bisa dinikmati bagi para pengguna Facebook.
Fitur hashtag di Facebook sendiri telah diumumkan sejak beberapa waktu lalu. Cara penggunaannya, yaitu dengan memasang hashtag pada Status Update Anda.
 
Adapun fungsinya untuk mengikutsertakan postingan Anda ke dalam perbincangan sejenis dari seluruh dunia. Misalnya Anda baru saja selesai menyaksikan film ‘Hunger Games’ maka jika Anda menambahkan #TheHungerGames maka postingan komentar Anda tentang film tersebut bisa di-kelompokkan ke dalam perbincangan sejenis melalui hashtag. Dengan demikian, semua orang yang meng-klik hashtag #TheHungerGames juga bisa melihat postingan Anda berisi komentar tentang film tersebut.
 
 
Untuk mencari hashtag tertentu, Anda bisa mencarinya dengan memasukkan judul hashtag ke dalam mesin pencari Facebook di bagian paling atas layar. Ketika hashtag tertentu di-cari menggunakan mesin pencari, maka semua postingan yang mengandung hashtag itu akan muncul ke dalam daftar hasil pencarian.
 
Selain itu, hashtag juga memungkinkan Anda untuk mengelompokkan posting ke dalam kategori tertentu. Misalnya Anda ingin mengelompokkan semua posting berisi foto ketika reuni dikelompokkan maka Anda hanya perlu memberi hashtag pada semua posting terkait dengan acara reuni tersebut. Maka ketika hashtag itu dicari, semua postingan berisi hashtag itu akan keluar.
 
Pengelompokan ini pada akhirnya akan memudahkan mereka yang ingin mengikuti seri posting seorang yang dikaguminya – seperti misalnya artis atau seniman. Sehingga dengan demikian, hashtag menjadi cara efektif untuk mempromosikan konten tertentu. Misalnya seorang artis Indonesia, Basith Ibrahim, menggunakan hashtag untuk membantu mengumpulkan semua posting serta upload fotonya berdasarkan aktifitas atau tema visual tertentu. Karena hashtag sifatnya universal maka ia pun menggunakan hashtag yang sama pada sosial media lainnya untuk memudahkan pencarian karyanya.
 
 
Dengan demikian, hashtag menjadi cara efektif untuk mengikuti pembahasan orang di seluruh dunia. Hashtag juga memungkinkan pencarian orang atau karya jadi lebih mudah sehingga membuatnya ideal bagi seniman yang baru menapaki kariernya dan ingin memperlihatkan karyanya pada khalayak. ( Riki)